Mengenal Jenis, Model dan Desain Atap Tenda Membran

Dimasa ini penggunaan tenda membran semakin banyak dijumpai pada berbagai tempat. Seperti cafe, mall, tempat rekreasi atau carport rumah. Carport rumah biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan kendaraan yang ada di depan rumah. Bagi mereka yang tidak punya garasi dan dilengkapi atap agar terlindung dari panas dan hujan. Dilengkapi struktur rangka dan juga kabel membuat atap membran bisa menutupi area yang sangat luas.
Tenda membran ini sering disebut juga sebagai tenda kelelawar atau tenda layang. Tenda yang memiliki paduan material membran yang fleksibel serta kuat dengan struktur rangka modern akan membentuk desain artistik dan unik. Membran sering dipakai sebagai atap karena secara struktur material membran ini lebih menarik, khususnya bagi lahan yang luas. Struktur membran terdiri dari berbagai material membran yang didukung struktur rangka dan juga kabel. Dengan demikian akan membentuk desain arsitektur yang sangat unik.
Desain dan Model Tenda Membran
Jenis tenda membran ini mempunyai desain dan model yang cukup bervariasi. Sebab tenda membran tidak mempunyai standar desain dan model. Siapa saja dapat mendesain tenda membran sesuai dengan kebutuhannya. Dan hanya dibatasi keadaan atau kondisi tempat dimana nantinya akan di pasang tenda membran. Desain dan model jenis kanopi ini cukup fleksibel.
Desain tenda membran dapat dibilang cukup futuristik dan modern. Sudut-sudutnya yang tajam disertai lengkungan-lengkungan menjadikan tenda membran makin dilirik dan diminati banyak orang. Umumnya warna yang dipilih untuk pembuatan tenda membran yaitu warna putih. Akan tetapi  ini bukanlah menjadi sebuah keharusan. Anda juga dapat memilih berbagai macam warna lain. Sebab ada beberapa pilihan warna yang bisa anda pilih untuk kain atap yang dipakai. Sementara rangka besi nya bisa di cat sesuai dengan warna yang anda sukai.
Baca juga : 

Jenis Atap Tenda Membran
Material atap untuk membran biasanya dibuat dari bahan polyester yang dilapisi dengan kaca serat atau fiberglass dan PVC yang diberi lapisan PTFE atau polytetrafluoroethylene. Keawetan, kekuatan dan daya tahan pada lingkungan membuatnya diminati banyak orang. Dari segi kekuatannya, atap membran dari kaca serat atau fiberglass mempunyai daya tahan dan kekuatan lebih unggul dibanding lainnya. Tetapi atap membran yang menggunakan bahan polyester tentu lebih bisa dijangkau sebab harganya juga lebih ekonomis.
Anda bisa mengenal istilah-istilah jenis dari atap tenda membran yang beredar di pasaran di antaranya adalah:
1. Atap Membran Karet Sintetis atau EPDM
Termoset atau yang lebih dikenal dengan karet sintetis biasanya dibuat menggunakan material EPDM. Atau Ethylene Propylene Diene Monomer Rubber. Struktur utama material atap ini menggunakan jaring jaring polyester. Harganya memang relatif murah dan bisa dipakai dalam jangka waktu panjang, elastisitasnya juga tinggi. Atap membran jenis ini dijual dalam bentuk lembaran. Atap membran EPDM nantinya disambungkan menggunakan lem, tetapi sambungan lem sering menjadi awal mula kebocoran sehingga memerlukan perawatan berkala.
2. Atap membran TPO atau Olefin Termoplastik
Membran TPO mempunyai jaring-jaring polyester dan juga fiberglass. Atap seperti ini sangat kuat dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Pemasangannya mudah cukup dengan dilas saja. Namun atap membran ini mempunyai kelemahan berupa elastisitasnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan EPDM dan PVC.
3. Atap Tenda Membran PVC
Jenis atap membran PVC dipakai sebagai struktur tarik atau stensil. Anda bisa mudah menjumpai jenis atap ini di area parkir. Sifatnya yang berupa struktur stensil yang membuatnya unggul. Maka tak heran jika atap ini mempunyai desain desain yang menarik dan unik, sebab tidak tampak kaku. Pemasangannya dilakukan dengan cara dilas. Tetapi kadar VOC yang dimiliki oleh atap ini masih cukup tinggi. Jadi atap ini tergolong kurang ramah lingkungan.
4. Tenda Membran PTFE
Ada banyak bangunan atau area semi outdoor yang mempunyai skala besar telah menggunakan membran PTFE. Penggunaan jenis membran PTFE sebagai material penutup atap banyak dipilih karena memiliki jaring-jaring balok yang bisa menghadapi cuaca ekstrim. Bahkan jenis atap tenda membran ini bisa bertahan sampai dengan 30 tahun. Lapisan PTFE yang pada dasarnya dipakai untuk panci anti lengket teflon. Jdi material ini tidak ditempeli air atau kotoran yang membuatnya menjadi kusam. Tetapi ini akan membuat atap membran memiliki harga yang mahal
Keunggulan Penggunaan Atap Tenda Membran
Selain memiliki jenis desain dan juga model yang bervariasi, maka pemilihan kanopi tenda membran juga akan memberikan banyak keunggulan bagi anda. Sehingga atap membran ini mempunyai peminat yang banyak. Kanopi ini bisa bersaing dengan berbagai macam jenis kanopi lainnya yang beredar di pasaran. Adapun berbagai macam keunggulan dari atap tenda membrane adalah:
Tenda Membran Kuat dan Tahan Goncangan
Tenda jenis membran ini dibuat dengan bahan berkualitas, jadi kuat terhadap apapun. Salah satunya guncangan seperti gempa. Bila ada guncangan yang cukup besar, kanopi bisa tetap tegak berdiri sama sekali tidak roboh. Sebab hal ini dipengaruhi dari sifat kanopi yang elastis dan dilengkapi desain konvensional. Apapun guncangan yang terjadi akan tetap aman.
Bahan Kain Dari Atap Tenda Bisa Tembus Sinar Matahari
Umumnya tenda identik menggunakan kain tebal dan juga gelap. Berbeda dengan tenda membran yang memakai kain tebal namun terang. Kain pada tenda membran umumnya dapat tembus sinar matahari. Sehingga ketika dipasang cahayanya tetap bisa masuk. Meskipun bisa tembus sinar matahari, namun tenda ini tetap memberikan suasana sejuk dengan maksimal.
Mempunyai Nilai Estetika Tinggi
Tampil mewah dan futuristik adalah konsep desain yang ditawarkan dari tenda membran. Jika dilihat dari sudut pandang seni, tenda ini mempunyai nilai estetika tinggi sehingga banyak dipilih orang untuk dipakai pada tempat umum. Seperti cafe, mall, rumah sakit, bank, kantor dan berbagai tempat lain. Anda juga dapat memasang kanopi jenis ini di rumah dan dijamin anda pasti akan menyukainya.
Perawatan Tenda Membran Sangat Mudah
Pemakaian kanopi yang diletakkan di luar ruangan menjadikannya mudah kotor. Tentu anda akan merasa risih jika melihat benda kotor. Tapi tenang saja, anda dapat membersihkan kanopi tenda membran dengan sangat mudah. Anda dapat mencuci bagian atas secara langsung menggunakan air. Lebih mudahnya lagi, jika hujan datang anda tinggal menaburkan sabun pembersih di atas kanopi dan air hujan akan membersihkannya dengan cepat.
Dengan mengetahui berbagai macam jenis, model dan desain atap tenda membran. Maka kita sudah mengetahui apa yang menjadi alasan tenda ini banyak diminati masyarakat. Mereka sangat tertarik pada desain nya. Desain yang dimiliki tenda membran membuat kanopi dapat dipakai dalam acara apapun.
Mulai sekarang, anda tak perlu ragu lagi untuk memilih tenda membran untuk anda gunakan sebagai carport atau untuk acara yang anda gelar di area terbuka. karena sudah terbukti tenda ini memiliki banyak desain dan keunggulan.